Monday, February 7, 2011

Tes Kesehatan Vagina dengan Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida dengan rumus kimia H2O2 secara sepintas merupakan larutan jernih mirip air. Sering digunakan dalam dunia kesehatan sebagai desinfektan (pembunuh kuman) dan dapat juga digunakan sebagai antiseptik pada aquarium.
Namun dalam urusan kesehatan vagina, hidrogen peroksida juga dapat digunakan untuk menguji kesehatan vagina. Metode pengujian kesehatan vagina dengan media hidrogen peroksida pertama kali dikenalkan oleh Dr. Paul Summers dari Fakultas Kedokteran Universitas Utah Amerika Serikat. Tes ini dimaksudkan untuk mendeteksi infeksi vagina stadium tinggi melalui lendir vagina. Bagi sahabat gadis, tes ini bisa dilakukan sendiri di rumah.
Cara melakukan tes kesehatan vagina dengan media hydrogen peroksida adalah sebagai berikut.
  1. Pasang kaca bening dan bersih di atas meja dalam posisi menghadap keatas;
  2. Ambil setetes hidrogen peroksida (larutan 3%) yang sudah anda beli dari toko bahan kimia atau farmasi;
  3. Campur larutan tersebut dengan lendir vagina yang baru dan letakkan di atas kaca tersebut. Jika campuran berbusa, berarti menunjukkan adanya enzim katalase dalam sel darah putih yang sedang melawan infeksi bakteri pada vagina, artinya telah terjadi infeksi pada vagina.
Enzim katalase adalah enzim yang dapat menguraikan hidrogen peroksida yang tidak baik bagi tubuh makhluk hidup menjadi air dan oksigen yang sama sekali tidak berbahaya.
Selamat menguji kesehatan vagina agar senantiasa sehat dan cantik.

No comments:

Post a Comment